Popular Post

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Blogger news

Blogger templates

Flag Counter

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.
Posted by : Unknown Jumat, 08 Agustus 2014


     


 untuk menetapkan spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk server kita. Hal ini tergantung pada kebutuhan sumber daya yang kita kelola dengan server tersebut. Spesifikasi terbaik mungkin secara sederhana dapat ditetapkan untuk jangka waktu minimal satu tahun. Upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi dalam waktu kurang dari dua belas bulan bisa jadi membutuhkan biaya mahal. Kebutuhan sumber daya akan ditentukan oleh faktor – faktor misalnya bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan website, lalu lintas yang diharapkan, ruang penyimpanan data, proses akan ditangani oleh situs, jenis keamanan dan hal – hal terkait lainnya.
Jika dilihat dari fisiknya, hardware server dapat dibagi menjadi dua yaitu :
1.      Dedicated server
Deicated server merupakan mesin yang secara khusus dirancang oleh vendor, baik secara fisik maupun fungsi untuk aplikasi tertentu. Masin ini mempunyai spesifikasi yang maksimal sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada client yang memanfaatkan layanannya.
2.      PC Server,
PC server merupakan komputer yang difungsikan sebagai penyedia aplikasi untuk keperluan jaringan komputer, misalnya mengatur lalu lintas, atau menyediakan layanan – layanan tertentu (file, web, email, dsb.). Untuk keperluan ini, spesifikasi PC harus diperhatikan. Karena jika spesifikasi kurang mendukung maka fungsi layanan dalam jaringan tersebut akan terganggu. Secara sederhana biasanya ditentukan spesifikasi server satu tingkat diatas client.
Untuk PC server, selain memiliki spesifikasi standar pada bagian input dan outputnya, suatu mesin server harus memiliki spesifikasi yang sesuai pada bagian pengolah datanya, terutama kapasitas kerja dari CPU dan memory (RAM). Hal tersebut bisa bergantung pada sistem operasi dan aplikasi yang akan membebaninya.
Contoh rekomendasi spesifikasi server yang disarankan oleh Operating Sistem Windows Server 2003 ditunjukkan tabel 1 untuk spesifikasi CPU dan tabel 2 untuk RAM

Hasil gambar untuk komputer server


Hendaknya sebelum kita melaksanakan instalasi jaringan, terlebih dahulu kita mempersiapkan Hardware & software yang akan tersambung di dalam lingkup jaringan tersebut. Beberapa langkah persiapan yang diperlukan adalah :
 1. PC Server, spesifikasi minimal yang disarankan :
 a. Hardware :
Spesifikasi hardware Komputer Server untuk Billing System :
·        Prosesor Intel Dual Core (2.6 Ghz) TRAY
·        Mainboard ASUS/Gigabyte/ECS
Memory DDR2 V-gen 2 Gb
·        Harddisk 80 Gb Seagate/Maxtor/Samsung SATA
·        Keyboard + Mouse Simbadda
·        Casing ATX 450w + 2 FAN CPU
·        LCD Monitor LG/Samsung Wide Screen 17″
·        DVD-RW Samsung
Mikrotik OS :
·                     Prosesor Intel Pentium 4 (2.4 Ghz) TRAY
·                     Mainboard ASUS/Gigabyte/ECS
·                     Memory DDR2 V-gen 1 Gb
·                     Harddisk Seagate/Maxtor 40Gb Type IDE
·                     Casing ATX 450W + 2 FAN CPU
·                     Ethernet/LAN Card tambahan 1 buah
·                     License Mikrotik OS Level 


APLIKASI SERVER
Aplikasi server digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan client yang ada dalam jaringan tersebut. Jaringan yang dimaksud dapat berukuran kecil (LAN), menengah (MAN) maupun jaringan besar (WAN – Internet). Sehingga pemilihan aplikasi, baik jenis maupun versinya, juga harus memperhatikan ukuran jaringa tersebut.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keperluan aplikasi tersebut, apakah digunakan untuk penyedia layanan atau sebagai pengelola lalu lintas jaringan. Dari kategori tersebut dapat dikategorikan aplikasi server berdasarkan keperluannya yaitu :
1.      Aplikasi penyedia / penunjang layanan jaringan komputer
Aplikasi jenis ini misalnya : DNS server, Proxy server, Web, Database server, DHCP server, Mail server, ssh server, file – printer server, ftp server, dsb. Aplikasi – aplikasi ini akan melayani client sesuai dengan kebutuhannya. Seringkali satu server harus menjalankan berbagai aplikasi server, atau hanya satu aplikasi saja yang dijalankan.
2.      Aplikasi pengelola lalu lintas jaringan
Aplikasi jenis ini misalnya : monitoring trafic, routing, menejemen jaringan (mis.User account, password).



Analisa Hardware jaringan komputer

1. Komputer

2. LAN Card

antar komputer dalam jaringan. Fungsi LAN Card sangat vital, sehingga apabila terjadi permasalahan pada LAN Card maka komunikasi antar komputer menjadi terganggu bahkan terputus.


3. Kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel jaringan UTP berguna untuk menghubungkan antar LAN Card pada komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dalam jaringan atau menghubungkan LAN Card pada komputer dengan HUB atau Switch Hub atau Router.

4. Konektor RJ45

RJ45 untuk dipasangkan pada kedua ujung kabel UTP sebagai penghubung antar kabel dengan LAN Card.

5. HUB

Dalam sebuah jaringan besar HUB mempunyai pernan penting karena berfungsi sebagai pusat komunikasi antar komputer yang terhubung melalui HUB tersebut dengan membagi bandwitchnya. Apabila HUB mengalami masalah atau kendala, maka komunikasi dalam jaringan terputus sehingga proses pengiriman dan penerimaan data antara komputer tidak bisa berjalan.

6. MODEM

Perangkat optional ini digunakan jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet, modem dikoneksikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya.

7. PRINTER DAN SCANER

Sebagai alat pelengkap untuk mencetak maupun memindai gambar maupun dokumen dari hasil yang sudah dicetak.


SUMBER:
1.http://teknokastik.blogspot.com/2012/10/menentukan-spesifikasi-dan-jenis-jenis.html
2.http://aok-kul.blogspot.com/2011/07/tugas-aok-praktek-spesifikasi-jaringan.html
3.
 http://teknokastik.blogspot.com/2012/10/menentukan-spesifikasi-dan-jenis-jenis.html

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Welcome to My Blog - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -